Semiotika dalam sebuah Foto

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang sebuah benda dari sudut pandang semiotika. 

Sejujurnya saya belum paham betul makna dari semiotika itu sendiri. Tetapi jika dilihat dari apa yang saya pelajari, Semiotika adalah sebuah disiplin ilmu dan metode analisis yang dapat mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek tersebut. Semiotika berasal dari bahasa Yunani “Semeion”, yang berarti tanda.

Kris Budiman mendefinisikan semiotika sebagai ilmu yang berbicara mengenai hubungan tanda‐tanda dengan berbagai aspek diluar dari tanda. Relasi/hubungan tanda dalam semiotika dapat dibagi menjadi:

·        hubungan tanda dengan maknanya

·        hubungan tanda dengan penggunanya

·        lintas relasi inilah yang menjadi kunci
definisi semiotika sebagai ilmu tentang
tanda

 

Jadi bidang kajian semiotika dibagi menjadi 3:

·        Semantika. Mengkaji hubungan antara simbol atau tanda dengan hal yang kita lihat atau objek.

·        Sintaksis. Mengkaji hubungan antara simbol yang muncul dari persepsi dan konvensi.

·        Pragmatik. Mengkaji hubungan antara simbol konteks sosial dan konsep dari agen atau objek yang dikaji.

 

Membahas Tentang Sebuah Benda dari Sudut Pandang Semiotika


 

Sebuah foto. Semua dari kita di era ini tentu tahu apa itu foto. Foto yang tidak harus di cetak tetapi juga ada di bebagai elektronik yang kita miliki: seperti laptop, handphone, dll.

Bagi sebagian dari kita mungkin foto hanyalah sebuah foto, tapi tidak bagi sebagian yang lain. Foto bisa menjadi sarana bagi kita untuk menyimpan berbagai memori yang mungkin atau bahkan memang tidak akan terulang lagi.

Bagi saya pribadi foto merupakan benda yang cukup berarti, dengan hanya melihatnya saya dapat, tersenyum, tertawa, atau bahkan menangis melihat sebuah memori atau kenangan yang di abadikan dalam foto tersebut.

Foto menjadi sarana bagi saya untuk mengenang masa lalu yang saya harapkan terulang kembali atau sebaliknya, juga untuk mengenang sesuatu yang saya cintai tapi tidak akan kembali lagi. Bagi saya foto adalah barang berharga tidak peduli berapa nilai fisiknya karena bagi saya apa yang terpenting bukan seberapa bagus foto yang diambil, melainkan seberapa berarti kenangan/memori yang ada dibalik foto tersebut, yang dapat kita ingat dan kita kenang ketika kita melihatnya sampai waktu yang kita tidak tahu sampai kapan itu akan bertahan, setidaknya foto dapat membantu kita atau saya pribadi mengingat kenangan Indah, buruk, menyenangkan, serta menyebalkan yang bahkan mungkin tidak ingin kita ingat tapi dapat kita ambil pelajaran darinya, walau itu hanya sebuah foto.

Saya tidak tahu apa arti sebuah foto bagi teman-teman semua karena kita memiliki persepsi kita masing-masing tentang apa yang kita lihat, dengar, raba, dan kita miliki, tapi bagi saya kita harus bersyukur hidup di era ini, era di mana kita dapat mengabadikan sekian banyak memori di kepala kita dalam sebuah foto.

Sekian dari saya, semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi kita semua.

Maaf jika adanya kesalahan dalam penulisan dan sebagainya karena kurangnya ilmu dan pengalaman saya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menganalisis Pengalaman Estetis dan Mitos pada Musik Video Golden Hour - JVKE

Inovasi Bentuk Figur kayon Wayang kulit

Analisis Poster Generasi Sandwich